kuliner khas magelang soto lesah
WISATA KULINER WISATA MAGELANG

Soto Lesah Kuliner Khas Magelang, Cocok Buat Sarapan Saat Wisata ke Magelang

Mengunjungi suatu kota, rasanya tidak sah jikalau belum merasakan kuliner khasnya. Seperti halnya ketika sedang menikmati paket wisata Jogja via travel terbaik Jogjakartour.com gudeg menjadi rekomendasi kuliner yang wajib dicoba. Jika kemudian sudah terbiasa dengan menu gudeg, maka bisa mencoba opsi kuliner lainnya seperti mangut lele mbah marto, Bakmi Jowo Mbah Gito atau Oseng Mercon Bu Narti yang nendang rasanya. Begitupun jika sedang menikmati wisata dan destinasi menarik di Magelang, bisa juga dicoba beberapa kuliner khasnya. Selain Mangut Beong sebagai makanan yang identik dengan Magelang, ada juga Sop Senerek yang juga menarik untuk dicoba. Namun kali ini tema kuliner yang akan direkomendasikan yaitu Soto Lesah. Ya, soto ini memang seperti soto pada umumnya, hanya saja sedikit perbedaan di campuran santan yang membuat kuah soto lebih kuat dan lezat. Soto Lesah sebenarnya tidak hanya pas dinikmati untuk sarapan, mengingat menunya yang ringan dan tidak terlalu berat seperti makanan utama lainnya. Disajikan dengan berbagai sayur khas soto seperti taoge, bihun, tahu bacem dan sudah termasuk nasi di dalamnya. Tidak lupa juga ada suwiran ayam yang menambah lezatnya soto lesah. Jika menggunakan ayam kampung untuk suwirannya, rasanya menjadi lebih nikmat dan gurih.

kuliner khas magelang soto lesah
    soto lesah khas magelang foto by yummy.id

Soto Lesah Rasanya Lebih Gurih dari Soto Biasa, Namun Kuliner Ini Mulai Langka

Soto merupakan makanan khas Indonesia yang banyak ragamnya dan cocok untuk semua kalangan. Termasuk soto lesah khas Magelang ini yang dikenal lebih gurih dan nikmat karena kuah santan di dalamnya. Entah apa asal mulanya bisa dinamakan dengan Soto Lesah. Bisa jadi karena ada unsur santan dan juga kekhasan dari santannya yang kental dan berwarna lebih kuning pekat sehingga dinamakan soto lesah. Memesan soto lesah sudah termasuk dengan nasi di dalamnya. Yang cukup unik selain kuah santan dan rasanya yang kuat nendang tadi, adalah potongan tahu bacem yang sudah diiris dadu kecil di dalamnya. Biasanya, Soto lesah ini juga disebut dengan Nasi lesah karena jika memesannya sudah disiapkan dengan nasi seperti halnya soto pada umumnya.

Soto lesah mirip dengan soto lamongan, namun lebih keruh warnanya sebab ada campuran santan di dalamnya. Soto lesah atau nasi lesah ini termasuk salah satu kuliner Magelang yang mulai asing. Artinya kuliner khas ini sudah mulai jarang dikenal, kecuali kita sudah pernah mencicipinya. Bagi generasi milenial saat ini, jika tidak tertarik mencoba berbagai kuliner khas daerah, saya rasa tidak banyak yang mengenal soto lesah. Tidak hanya cocok untuk makan pagi atau sarapan sebelum menikmati wisata Magelang, soto lesah juga cocok untuk makan malam. Melihat menunya yang cenderung ringan dan tidak terlalu membuat kenyang, menu soto lesah cocok untuk makan pagi dan makan malam. Menikmati soto lesah bisa sekaligus dengan beberapa menu pelengkapnya seperti gorengan, ceker ayam, tahu tempe bacem dan sejenisnya. Ditambah dengan satu gelas teh panas atau jeruk panas saya rasa sudah cukup mengenyangkan. Menikmati Soto lesah di Magelang tidak akan menguras isi kantong sebab harganya masih sangat terjangkau. Di beberapa warung soto lesah Magelang, per porsinya hanya dibandrol 8000 rupiah saja. Berarti hanya dengan kisaran 10.000 kita bisa menikmati kuliner khas Magelang yang bisa dikatakan mulai punah ini.

Dimana Rekomendasi Warung Soto Lesah di Magelang

Menikmati Soto Lesah khas Magelang, bisa dilakukan ketika penasaran dan ingin bisa menikmatinya. Selain itu juga ketika sedang mengunjungi Magelang entah untuk silaturahmi, pekerjaan maupun untuk murni berwisata. Soto Lesah ini menu yang murah meriah namun jadi kuliner khas yang bisa dinikmati bagi wisatawan dari luar kota. Kemana kah harus membeli dan merasakan Soto Lesah saat di Magelang? Adakah rekomendasi warung kuliner soto lesah yang bisa dicoba saat di Magelang? Ada rekomendasi warung Soto Lesah di Magelang yakni Soto Lesah Pak Badut yang terletak di daerah Mertoyudan. Soto Lesah ini sudah buka selama belasan tahun dan masih diminati serta diburu pecintanya sampai sekarang. Di beberapa pusat kuliner kaki lima area Magelang juga dengan mudah bisa mendapatkan kuliner khas Magelang ini. Di area wisata Borobudur juga kita masih bisa menemukan beberapa warung Soto lesah khas Magelang ini. Yuk nikmati kulinernya yang khas sembari mengunjungi beberapa destinasi wisata kekinian khas Magelang. Jika ingin mendapatkan tour package yang berkesan dengan harga ideal bisa menghubungi travel kami di web Jogjakartour.com

 

admin
A wife with passionate in travel business, writing also still learn to blogging. Stay at Jogjakarta and you could access me at cs.beautytravellerid@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *