krincing strawberry hill
WISATA JATENG WISATA MAGELANG

Krincing Strawberry Hill, Wisata Baru Magelang Bertema AgroEdutrip dan Menu Kuliner Unik

Bicara mengenai wisata baru Magelang, mungkin di benak kalian akan menyebutkan destinasi semacam Nepal Van Java, Enam Langit by Plataran, Silancur Highland dan Mangli Sky View. Yah, Magelang memang bikin nagih akhir-akhir ini dengan potensi wisata alam di sisi barat yang berada di kaki gunung Sumbing. Jika melancong ke daerah sana, terutama arah menuju ke Mangli Sky view, jangan lupa mampir di Krincing Strawberry Hill. Destinasi wisata ini memang baru dibuka dan saat ini sebenarnya belum secara resmi dibuka untuk umum. Hanya saja, sudah banyak pengunjung yang mencicip dan penasaran datang ke sana untuk memetik buah strawberry. Sesuai dengan namanya, Krincing Strawberry Hill ini memang menawarkan buah strawberry yang siap dipetik langsung. Sensasi seru langsung berinteraksi dengan tanaman dan alam inilah yang ingin ditawarkan oleh pihak pengelola Krincing Strawberry Hills. Pak Rudy, sebut saja namanya adalah pelopor dan owner dari Krincing Strawberry Hill yang sebenarnya sudah menginisiasi grand design Mangli sebagai sebuah destinasi alam sejak 2006. Namun pada saat itu, masyarakat Mangli belum begitu siap menyambut konsep pengembangan wisata berbasis potensi alam yang ditawarkan pak Rudy.

Pak Rudy sebenarnya sudah membuat planning pengembangan kawasan Silancur tahun 2006 lalu dan baru kemudian masyarakat setempat merealisasikannya di lima tahun terakhir ini jika tidak salah. Pak Rudy lebih senang dipanggil dengan nama Rudy Strawberry sewaktu saya tanya nama lengkap beliau ^.^. Seorang pegiat dan penggerak masyarakat khususya pendamping petani yang memang sudah sangat menjiwai perannya sebagai seorang pegiat agribisnis. Pak Rudy dulu mengenyam pendidikan di Universitas Tidar Fakultas Pertanian dan sempat memegang posisi sebagai ketua BEM. Tentu saja pengalaman dan jam terbang dalam organisasi sedari mahasiswa menjadi bekal penting yang membuatnya kembali ke Mangli untuk mewujudkan mimpinya. Agrowisata berbasis pertanian dan tanaman buah, sayur serta tanaman pangan lainnya akan dikembangkan di Krincing Strawberry Hill ini, Beliau dibantu istri dan keponakannya dengan sangat ramah menyambut tiap pengunjung yang mampir di kebun strawberrynya.

krincing strawberry hill
krincing strawberry hill

Rute Menuju Krincing Strawberry Hill, 30 Menit dari Pusat Kota Magelang

Rute menuju Krincing Strawberry Hill ini cukup mudah diakses. Dari Alun-alun Magelang terus saja ke arah barat menuju kaki Gunung Sumbing hingga menemukan plang arah Mangli Sky View dan Silancur Highland. Sesampainya di Silancur, naik sedikit saja dan parkir di area parkir bersama di sebelah atas Silancur Highland. Setelah itu, naik sedikit saja ke arah tulisan Krincing Strawberry Hill dan sudah sampai di lokasi. Kurang lebih butuh waktu sekitar 30 menit untuk menuju ke destinasi kebun strawberry ini jika ditempuh dari pusat kota Magelang. Krincing terkesan unik namanya, namun bukan tanpa maksud kebun strawberry ini diberi julukan Krincing. Krincing sendiri adalah nama desa yang saat ini digunakan sebagai lahan pertanian setempat. Namun pada masa dahulu, daerah ini terkena semacam pagebluk atau musibah sehingga masyarakatnya pindah tempat atau bedol deso. Untuk mengenangnya, kebun strawberry di lereng gunung Sumbing ini tetap diberi nama daerah asalnya.

Jika mengunjungi Krincing strawberry hill bisa sekaligus menikmati pemandangan dari Silancur Highland atau bahkan menikmati camping glamour atau glamour camping yang disingkat dengan istilah Glamping. Di sebelah timurnya ada 5 unit tempat camping Silancur Glamping yang mewah dan asri dengan pemandangan yang menakjubkan yakni gunung Sumbing, Merapi dan Merbabu. Selain menikmati Silancur, ada juga destinasi dekat yang bisa dikunjungi yakni Mangli Sky View dan juga Nepal Van Java. Ke arah bawah ada Punthuk Siguede yang juga baru dikembangkan oleh masyarakat. JIka menikmati petik strawberry dan juga wedang serta kuliner lokalnya, akan berasa nikmat dan betah buat berlama-lama tinggal.  Nuansa yang asri dan fasilitas yang lengkap membuat pengunjung dimanjakan dengan atmosfer pegunungan alami. Destinasi ini cocok bagi semua kalangan, terutama untuk wisata keluarga dalam konsep family healing trip.

admin
A wife with passionate in travel business, writing also still learn to blogging. Stay at Jogjakarta and you could access me at cs.beautytravellerid@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *