keindahan pantai parangtritis
TIPS WISATA TRAVEL WISATA JOGJA

8 Alasan Kamu Harus Ke Pantai Parangtritis Setidaknya Satu Kali Seumur Hidup

Hai sobat , kalian tahu gak sih di Jogja memiliki banyak destinasi  wisata yang unik dan menarik loh, serta cocok banget buat mengisi liburan kalian. Seperti pantai, pegunungan,alam dan masih banyak lagi. Sekarang, kita akan membahas tentang alasan sobat semua harus mengunjungi Pantai Parangtritis yang ada di Jogja ini. Pantai Parangtritis merupakan pantai yang yang terkenal di Jogja. Selain memiliki keindahan pemandangan yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya seperti, obak besar, gunung – gunung pasir di sekitar pantai, pantai ini juga memiliki memiliki sesuatu yang tersembunyi loh. Pantai Parangtritis merupakan  pantai yang indah dengan hamparan pasir yang luas disertai  jernihnya air laut yang biru. Selain itu sobat juga dapat berkeliling menyusuri Pantai Parangtritis dari timur ke barat dengan menunggangi kuda atau juga bisa dengan motor ATV yang disewakan di sana. Seru banget kan hehe. Wisata Jogja memang seru – seru ya dan gak abis – abis. Jangan lupa buat sobat untuk liburan di Pantai Parangtritis ini, entah sama pasangan, sahabat, maupun keluarga, agar kalian bisa menikmati pesona Pantai Parangtritis yang seru.

8 Alasan Kamu Harus Ke Pantai Parangtritis Setidaknya Satu Kali Seumur Hidup :

  1. Merupakan sunset terindah di pantai Jogja

Saat berkunjung di Pantai Parangtritis, yang paling di tunggu – tunggu para pengunjung adalah fenomena sunset di pantai ini. Memang menikmati sunset saat di pantai Jogja, bisa dimana saja. Tapi sunset terindah di berbagai pantai Jogja yang paling indah hanya di Pantai Parangtritis. Pengunjung bisa menikmati sunset di lokasi mana saja namun lebih di rekomendasikan di atas bukit yang terdapat di Pantai Parangtritis, seperti Watu Lumbung dan Bukit Paralayang. Saat di atas Watu Lumbung, kalian akan melihat keindahan sunset dan juga melihat keindahan empat gunung sekaligus, seperti  Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Dari  atas bukit Paralayang pengunjung bisa menyaksikan sunset dan juga Pantai Parangtritis yang sangat indah. Bukit Paralayang biasanya digunakan untuk aktivitas paralayang.

 

  1. Merupakan garis imaginer kota Jogja

Jogja merupakan kota yang memliki garis imaginer atau sumbu filosofis. Garis imaginer ini terhubung dari arah selatan yaitu Pantai Parangtris  dengan arah utara yaitu Gunung Merapi. Garis imaginer ini termasuk satu – satunya keunikan kota Jogja yang tidak dimiliki oleh kota lain termasuk kota – kota peninggalan Mataram. Garis Imaginer ini merupakan garis khayal Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Rute garis imaginer ini mulai dari Pantai Parangtritis – Panggung Krapyak – Alun Alun Selatan – Kraton Yogyakarta – Alun Alun Utara – Tugu Golog Gilik / Tugu Jogja – Gunung Merapi. Konon katanya Pantai Parangtritis sampai Gunung Merapi jalannya lurus, jika dibuktikan memang iya. Pantai Parangtritis ini merupakan tititk ujung selatan yang menjadi tempat upacara Labuhan Parangkusumo. Pantai ini menjadi salah satu pantai laut selatan yang yang mitologis berhubungan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul, yauitu penguasa pantai selatan.

 

  1. Merupakan pantai luas dengan patahan legendaris

Ada beberapa sungai yang berhilir menuju Pantai Parangtritis, yaitu sungai Opak. Sungai Opak merupakan perpanjangan dari Sungai Bendol yang berhulu di Gunung Merapi dan melintasi dataran rendah Bantul dan juga dataran tinggi Gunungkidul. Sungai ini mengalir dengan sesar yang membatasi dengan pegunungan selatan dan dataran Bantul yang di kenal dengan sesar Opak. Sesar mendatar Parangkusumo yang strukturnya berarah baratlaut – tenggara. Keberadaan sesat ini merupakan sesar penting yang mengontrol pemunculan air panas Parangtritis. Copas artikel harap cantumkan sumber http://jogjauncover.blogspot.co.id/

 

  1. Memiliki keunikan pantai berpasir hitam

Pantai Parangtritis memiliki keunikan pasir yang berwarna hitam. Pasir hitam ini merupakan material dari letusan Gunung Merapi yang terbawa oleh Sungai Progo dan Sungai Opak. Yang cocok banget buat bermain pasir. Pasir hitam ini menjadi salah satu minat pengunjung.

 

  1. Memiliki air terjun musiman

Saat di Pantai Parangtritis, kalian juga bisa menikati indahnya air terjun yang berasal dari Bukit Parangendong. Air terjun ini akan meluncurkan air deras saat musim penghujan saja, dan saat musim kemarau air terjun ini akan mati. Di bawah air twejun kalian juga bisa berenang loh. Air dari air terjun ini akan mengalir langsung ke Pantai Parangtritis. Saat musim penghujan maka air terjun ini akan terlihat sangat indah.

 

  1. Memiliki gumuk pasir yang luas

Gumuk Pasir yang berada tidak jauh dari titik pantai merupakan Gumuk Pasir terbaik di Indonesia loh. Biasanya Gumuk pasir terbentuk di wilayah gurun, namun gumuk pasir yang berada di pulau Jawa ini sangat berbeda. Pada umumnya Jawa beriklim tropis dan humid dengan curah hujan yang tinggi. Namun herannya di Jawa ini memiliki Gumuk Pasir yang membentang luas. Gumuk Pasir ini bermaterial pasir hitam. Hembusan angina yang kencang berpengaruh dengan terbentuknya gumuk pasir ini. Lebih uniknta, gumuk pasir di Parangtritis ini berbentuk menyerupai bulan sabit  dan terbentuk pada daerah yang tidak memiliki barrier.

 

  1. Memiliki mitos yang Nyi Roro Kidul yang hits sampai kini

Diselimuti mitos yang melatarbelakanginya,  Pantai Parangtritis masih tetap  menjadi destinasi wisata yang tak  pernah sepi pengunjung. Bagi masyarakat sekita Jogja mengatakan bahwa Pantai Parangtritismerupan gerbang menuju kerajaan laut selatan Nyi Roro Kidul. Banyak sekali wisatwan yang hilang terbawa oleh ombak Parangtritis. Sebagian ada yang mengatakan bahwa hilangnya wisatawan ada kaitannya dengan Nyi Roro Kidul, dan ada juga yang mengatakan  kejadian ilmiah. Konon katanya saat berkunjung ke Pantai Parangtritis ini tidak diperbolehkan memakai pakaian berwarana hijau, dikarenakan ada kaitannya dengan kemunculan Nyi Roro Kidul.

 

  1. Letak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota

Pantai Parangtritis telah menjadi tujuan utama destinasi wisata Jogja bagi pengunjung. Lokasinya pun mudah dijangkau dan tidak jauh dari pusat Kota Jogja. Jika ditempuh dari pusat Kota Jogja memakan waktu sekitar  35 menit.

admin
A wife with passionate in travel business, writing also still learn to blogging. Stay at Jogjakarta and you could access me at cs.beautytravellerid@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *